Senin, 02 Desember 2013

Telkom Siap Tanami Papua dengan Internet 100 Gbps


Merdeka.com - Wilayah timur Indonesia tidak luput dari rencana pembangunan telekomunikasi yang dicanangkan Telkom dalam Indonesia Digital Network 2015. Oleh karenanya, BUMN tersebut pun berupaya untuk menanam kabel serat optik di kawasan timur Indonesia yakni di Papua.
Seperti yang dilansir oleh Antara (23/11), nantinya kabel yang mampu aliri internet dengan kecepatan tinggi ini dinamakan Papua Cable System (PCS). Nama tersebut terungkap saat Direktur utama Telkom Arief Yahya, berada di Jayapura.
Dalam kunjungannya tersebut, Arief menyatakan bahwa PCS merupakan komitmen yang sudah dicanangkan oleh Telkom. Selain itu, hal ini juga menjadi bagian dari program Indonesia Digital Network 2015 dan mendukung MP3EI.
"Telkom berkomitmen melalui pembangunan infrastruktur ini agar meningkatkan konektivitas layanan di Indonesia khususnya kawasan timur sehingga penyebaran informasi kepada masyarakat dapat diperoleh secara merata," katanya.
Dalam proyek ini, Telkom menggandeng NEC Corporation, perusahaan Jepang yang jadi vendor jaringan untuk membangun infrastruktur serat optik. Kerjasama ini akan berlangsung hingga 2 ribu kilometer kabel darat dan laut di sana terhubung sempurna.
Proyek ini sendiri disebutkan menelan dana hingga USD 71,1 juta dan selesai pada Desember 2014. Saat sudah jadi, maka masyarakat Papua pun siap menerima koneksi internet hingga 100 gigabit per detik dan sistem ini juga memberikan kapasitas tertinggi hingga 16 terabit per detik.
"Pembangunan kabel serat optik ini merupakan bagian dari program Indonesia Digital Network 2015. Telkom berkomitmen membanguna jaringan 'backbone' berbasis serat optik maupun internet protocol (IP) dengan menggelar 30 node terra router dan sekitar 75.000 Km kabel serat optik. Keseluruhan ini merupakan mahakarya Telkom dan wujud dari persembahan Telkom Indonesia," kata Arief.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar