Senin, 16 Desember 2013

Lebih Aman, Telkom Pilih Bangun Data Center di Balikpapan



Liputan6.com, Jakarta : Kehadiran akses broadband yang belum merata di seluruh pelosok negeri memicu operator Telkom melakukan ekspansi. Membidik salah satu kota di daerah timur Indonesia, Telkom yakin bisa memenuhi kebutuhan para pelaku bisnis di tanah air.
"Kami telah melakukan peletakan batu pertama di Balikpapan untuk pembangunan proyek data center pada dua minggu lalu," ujar Mustapa Wangsaatmadja selaku VP Innovation Strategy & Synergy Telkom saat acara diskusi media di Restoran Pepenero, Jakarta, Kamis (31/10/2013).
Selain demand pelaku bisnis yang tinggi, pemilihan lokasi Balikpapan sebagai pusat pembangunan data center dianggap lebih aman dibanding lokasi lain. Seperti diketahui, salah satu kota di Kalimantan Timur tersebut memang tidak termasuk dalam area cincin api yang rentan terkena bencana alam.
Sehingga jika kemungkinan data center yang terletak di area Pulau Jawa terkena bencana, maka seluruh data dapat diamankan ke data center baru di Balikpapan. Untuk pembangunan data center di Balikpapan, Mustapa menyebut Telkom telah menjalin kerjasama dengan IBM.
"Dalam hal ini Telkom memfasilitasi tanah, dan jaringan yang memang sudah ada," tambahnya.
Proyek pembangunan data center ini menyusul rencana Telkom untuk menyediakan total lahan seluas 100 meter persegi di beberapa lokasi di Indonesia. Lahan seluas 35 ribu meter persegi saat ini telah tersebar di daerah Sentul, Serpong dan Surabaya.
Data center ini ditujukan untuk pelanggan korporasi multi sektor. Mulai dari perbankan, oil dan gas hingga pelaku bisnis kecil dan menengah yang memang membutuhkan penyimpanan data berbasis cloud.
"Setelah proyek di Balikpapan rampung, kami menargetkan pembangunan selanjutnya di lahan seluas 25 ribu meter persegi di daerah Bekasi. Untuk proyek yang tengah berjalan di Sentul saat ini proses pembangunan sudah mencapai 90%," pungkasnya lagi.



sumber : http://tekno.liputan6.com/read/735109/lebih-aman-telkom-pilih-bangun-data-center-di-balikpapan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar