Selasa, 08 Oktober 2013

Sistem Manajemen Operasi

Dalam kajian lebih lanjut, sistem operasi dapat digambarkan sebagai berikut :



 
Gambar 2. Sistem Operasi
 
Beri Gambar 2 menjukkan sitem operasi meliputu perubahan fisik, proses pemindahan, proses penyimpanan, proses meminjamkan, dan inspeksi. Sistem ekonomi memandang nilai dengan mengubah input menjadi output. Berdasarkan input yang ada, yaitu sumber daya manusia, manajer, mesin-mesin, alat-alat bahan baku, bahan pembantu, energi, bangunan, tanah, dan informasi proses operasi menghasilkan output berupa barang dan jasa.

Setiap kegiatan ekonomi menghasilkan barang atau jasa. Beberapa kriteria produk berupa jasa dapat dilihat sebagai berikut :
- Jasa biasanya tidak nyata, sedangkan barang bersifat nyata
- Jasa biasanya diproduksi dan dikonsumsi secara langsung, tidak ada persediaan
- Jasa bersifat khas, bagi individu satu dengan yang lain akan berbeda, meskipun jenis jasanya sama
- Jasa memiliki interaksi yang tinggi dengan pelanggan. Jasa sulit distandarisasi, dibuat otomatis dan dibuat seefisien yang kita inginkan, karena interaksi pelanggan membutuhkan kekhususan, sehingga pelanggan bersedia membayar sejumlah harga tertentu. Oleh karena itu, manajer operasi harus memastikan bahwa produk telah didesain sedemikian rupa, sehingga memberikan kekhasan tertentu sesuai dengan keinginan pelanggan.
- Jasa memiliki definisi produk yang tidak konsisten
- Jasa sering berdasarkan pada pengetahuan
- Jasa sering kali tersebar. Penyebaran ini terjadi karena jasa biasanya diberikan kepada klien atau pelanggan melalui kantor setempat, took pengecer, atau bahkan panggilan ke rumah.

Sistem operasi bekerja berdasar partisipasi pelanggan, yaitu pelanggan tidak hanya sekedar memakai atau membutuhkan output, tetapi juga ikut aktif berperan dalam menghasilkan barang dan jasa. Partisipasi pelanggan memberikan keuntungan sebagai berikut : a) menghemat tenaga kerja, b) membagi resiko kesalahan dengan pelanggan, c) pelanggan merasa lebih dihargai ikut berperan serta dan lebih dipercaya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar